04 May 2013

Jenis-jenis Asuransi Penting Untuk Perencanaan Keuangan Keluarga

Jenis-jenis Asuransi Penting Untuk Perencanaan Keluarga

Perencanaan keuangan keluarga perlu dipertimbangkan secara matang dan tentu harus disiplin dengan perencanaan tersebut, selain menghitung estimasi pendapatan dan pemenuhan kebutuhan ada hal lain yang juga penting untuk rencanakan dalam keluarga, yaitu asuransi.

Asuransi secara singkat ialah kita sebagai individu atau sebuah keluarga membeli sebuah polis asuransi dengan membayar biaya tertentu (premi) pada sebuah perusahaan untuk mendapatkan ganti atas kerugian yang sewaktu-waktu terjadi atas diri kita dan keluarga atau juga ganti rugi atas harta benda yang kita miliki.

Di Indonesia kesadaran asuransi masih tergolong lebih rendah dari negara maju lainnya seperti Amerika dan negara Eropa pada umumnya, asuransi adalah pilihan yang lebih baik daripada kita melakukan kredit bank untuk kebutuhan seketika dan jika sewaktu-waktu kita mengalami musibah atau kebutuhan yang lain seperti biaya pendidikan.


Adapun jenis-jenis asuransi yang paling banyak tersedia ialah;

  1.     Asuransi Jiwa
  2.     Asuransi Jiwa Berjangka
  3.     Asuransi Jiwa Seumur Hidup
  4.     Asuransi Kesehatan
  5.     Asuransi Pendidikan
  6.     Asuransi Kerugian, misalnya; Asuransi Kendaraan, Asuransi Properti dan Asuransi Harta Benda lainnya.

Dari beragam jenis-jenis asuransi diatas, manakah asuransi yang paling anda butuhkan? tentu anda beserta keluarga dapat mulai berbagi pertimbangan satu sama lain untuk membuat keputusan, namun jika dilihat dari segi yang paling mendasar, diantara harta benda, dll asuransi jiwa dan asuransi kesehatan adalah yang premier, dimana 2 hal tersebut berhubungan dengan diri kita secara langsung.

Di Indonesia sudah banyak perusahaan asuransi yang bisa kita lihat, ada yang perusahaan lokal dan adapula perusahaan asing yang membuka cabang di Indonesia sebagai investor. Namun perlu diketahui bahwa anda sekeluarga haruslah bijak memilih asuransi yang terbaik dan terpercaya, banyak diantara perusahaan yang bermain kurang jujur atau susah klaimnya.

Semoga saja tulisan ini menambah wawasan kita untuk mewujudkan keluarga berencana yang bahagia dan sejahtera, amin.

Rachelia | Solusi Wanita