23 March 2012

Cara Menyimpan Uang Mudah Dengan 8 Tips


Dari sebagian besar orang, kebanyakan orang akan menghabiskan sebagian dari uang gaji untuk hal yang tidak bermanfaat. Menurut survey hanya 47 persen orang Indonesia yang sudah mulai menabung, serta hanya 29 persen yang taat kepada anggaran belanja yang dibuatnya.

Setiap manusia memiliki hawa nafsu untuk membeli sesuatu, namun alangkah baiknya jika sesuatu yang di beli ialah sesuatu yang berguna. Jika anda memang telah berniat untuk menyimpan sebagian uang namun tak pernah berhasi, berikut ada beberap tips dan cara mudah menyimpan uang agar tidak terpakai untuk biaya lainnya.

  1. Tetapkan Tabungan: Menetapkan jumlah uang yang akan Anda tabung di awal bulan merupakan kebijakan yang sangat tepat. Perhitungkan dengan seksama antara gaji, pengeluaran dan tabungan Anda.
  2. Sisihkan Uang Untuk Keperluan Pribadi: Menyisihkan uang untuk keperluan pribadi merupakan hal yang penting dilakukan. Seperti pada posting sebelumnya, Anda harus list apa saja kebutuhan pribadi Anda dalam satu bulan. Setelah itu sisa dari belanja kebutuhan pribadi jangan Anda gunakan untuk lain hal, tabunglah kembali untuk menyiapkan dana investasi, hari tua, dll.
  3. Catatlah Kebiasaan Pengeluaran: Mencatat pengeluaran dalam sehari terkadang sangat membantu dalam hal menyisihkan uang. Biasakan membawa buku kecil dimanapun berada. Catatlah setiap detail uang yang Anda keluarkan pada hari itu. Setelah itu buka kembali pada malam hari dan hitunglah pengeluaran harian Anda, maka Andadapat memperkirakan dalam sebulan menghabisjan jumlah biaya berapa.
  4. Bayarlah Utang Segera: Segera lunasi hutang Anda, sebab semakin hari hutang tersebut bisanya akan berbunga. Bunga bank yang semakin menumpuk tidak baik untuk keuangan Anda
  5. Jaga Disiplin: Menjaga disiplin  merupakan kunci utama dalam pertimbangan menyimpan uang. Jangan mudah tergoda oleh diskon dan sebagainya.
  6. Sediakan Celengan: Celengan merupakan tempat untuk menyimpan uang. Celengan biasa digunakan untuk anak-anak untuk belajar menabung. Gunakanlah celengan ini untuk tempat Anda menyimpan uang kecil. Uang kecil yang anda simpan lama kelamaan akan menjadi banyak dan dapat digunakan untuk membeli sekedar buku untuk Anak Anda.
  7. Jangan Membawa Uang Berlebih: Jangan membawa uang berlebihan di dompet Anda. Hal ini dapat memicu Anda untuk berbelanja sesuatu yang berlebih sehingga menggangu rencana keuangan Anda.
  8. Biasakan Hidup Hemat: Biasakan keluarga tercinta Anda untuk hidup hemat, namun hemat bukan berarti pelit. Misalnya mulailah untuk membawa bekal dari rumah, berhenti merokok, memanfaatkan toko yang paling murah, dll.
Beberapa tips cara mudah menyimpan uang ini dapat membantu Anda dan keluarga menyiapkan masa depan yang lebih baik. Selamat mencoba dan tetaplah untuk hidup hemat.

Rachelia | Solusi Wanita