17 March 2012

Pentingkah Kartu Kredit Untuk Anda?

Seberapa penting kartu kredit untuk Anda? apakah itu sudah menjadi kebutuhan wajib atau hanya masih sebatas sekunder? Saya akan mengulas banyak hal tentang kartu yang satu ini, manfaat kartu kredit dan kekurangan / kerugian yang timbul dari kartu kredit.

Kartu Kredit adalah sebuah kartu yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan, pembayaran, yang dapat digunakan pada mesin ATM, mesin EDC yang sumber keuangannya merupakan pinjaman dari bank penerbit kartu kredit.

Berdasar pengalaman sebagai pemegang kartu kredit, hal yang paling bermanfaat memiliki kartu kredit ialah diantaranya sebagai berikut:

  1. Sangat memudahkan disaat kita berada di luar negeri, kita bisa melakukan pembelian di merchant-merchant yang bertanda logo Visa atau MasterCard, kita bisa menghindari pembawaan uang cash ayng berlebihan dan disaat ATM rekening kita tidak bisa digunakan di negara orang.
  2. Kita bisa dengan mudah  berbelanja di toko-toko online seluruh dunia yang menerima kartu kredit yang berlogo Visa atau MasterCard.
  3. Banyak merchant, toko, restoran, produk-produk, yang memberikan diskon besar dengan melakukan pembayaran dengan kartu kredit.
  4. Bisa membeli barang dengan bunga 0% dengan sistem pembayaran yang di konvert dalam bentuk cicilan.
  5. Dll.

Sedangkan kekurangan dari kartu kredit ialah diantaranya sebagai berikut
  1. Bunga yang relatif tinggi atau lebih besar dari bunga kredit pada umumnya, kisaran 3% - 4 % perbulan.
  2. Terdapat iuran tahunan yang lebih besar dari kartu ATM.
  3. Setiap keterlambatan dari pembayaran minimum akan dikenakan denda yang jumlah besaranya ditentukan masing-masing bank penerbit kartu kredit.
  4. Cara penagihan kartu kredit baik melalui telepon atau debt collector yang lebih cenderung dengan ungkapan kasar dan tidak menghargai orang, meski tidak semua penerbit menggunakan cara ini namun kasus seperti ini sering kita jumpai.
  5. Sistem keamanan yang masih lemah karena sering terjadinya pembobolan rekening kartu kredit yang merugikan nasabah.
  6. Dll.

Dari uraian diatas, manakah yang lebih cenderung anda pilih? hal yang bijak ialah bagaimana anda mengatur keuangan anda tidak melebihi dari kebutuhan anda, ambil sesuai yang penting dan hindari gaya hidup yang konsumtif dan berlebihan.

Rachelia | Solusi Wanita