03 May 2013

Cara Memilih Sekolah Dasar untuk Anak Kesayangan

Pada tahun ajaran baru ini sudah masanya bagi ibu-ibu yang memiliki anak yang hendak masuk ke pendidikan Sekolah Dasar untuk mencarikan sekolah yang terbaik untuk putra-putrinya, namun mencari sekolah yang seusai dengan karakteristik yang kita butuhkan juga gampang-gampang susah.

Berikut ini ada beberapa tips mencari sekolah dasar terbaik untuk anak kita dari 2 penilaian, diantaranya ditinjau secara fisik dan ditinjau secara psikologis, karakteristik dan program pendidikan dari sekolah itu sendiri.

Ditinjau secara fisik diantaranya:

Gedung Sekolah Bersih: Hal ini menandakan bahwa perangkat di sekolah tersebut peduli terhadap kebersihan dan kesehatan anak di  sekolah termasuk menjaga kebersihan bekas sampah-sampah jajanan anak-anak, kamar mandi, dsb. Dengan begitu secara tidak langsung akan menjaga kesehatan anak-anak kita.


Fasilitas Pendukung Memadai: Dalam hal ini sekolah telah memiliki alat-alat pendukung dalam kegiatan belajar mengajar disekolah seperti, ruang perpustakaan yang aktif, sarana olah raga yang baik, ruang dan alat TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang memadai, UKS dan Lab. praktek Sains.

Ditinjau secara psikologis, karakteristik dan program pendidikan:

Psikologis Anak dalam hal ini ialah sebelum mendaftarkan anak ke sekolah baru, ajaklah anak-anak anda untuk berkeliling di sekolah dasar tersebut, tentu dengan perbandingan sekolah-sekolah lain, kenalkan lingkungan sekolah, dan pastikan dimana sekolah yang paling membuat anak anda merasa nyaman, dengan begitu anak akan menjadi lebih bersemangat lagi dan tidak dihinggapi ketakutan dengan lingkungan sekolah yang baru.

Karakteristik Sekolah yang dimaksud ialah bahwa di setiap sekolah memiliki karakter yang berbeda-beda, memiliki kebiasaan cara mengajar yang berbeda dan tentu saja memiliki peraturan sekolah dan kedisiplinan yang beraneka, carilah informasi mengenai hal ini dan sesuaikah dengan kepribadian anda dan anak anda, disarankan untuk mencari testimoni dari tetangga, rekan atau kolega yang memiliki anak disekolah tersbut.

Program Pendidikan yaitu setiap sekolah memiliki goal atau tujuan atau titik tertentu yang ingin dicapai dalam sebuah sekolah, dimana sekolah tersebut menitikberatkan pada program pembinaan, banyak sekolah yang tak tahu arah, berjalan apa adanya, hanya mengikuti dan mengandalkan kurikulum dari pemerintah, dalam hal ini sekolah dituntut untuk lebih mandiri dan mengembangkan serta pembinaan dalam bidang tertentu, misalnya saja sekolah dasar dengan sistem full day school, sekolah seperti ini memiliki tujuan yang kompleks, memiliki program pendidikan yang khusus, dan tentu akan banyak kegiatan sekolah yang akan diberikan supaya program pendidikan tersebut tercapai.

Tersebut diatas ialah hanya sebagian tips bagaimana  cara memilih sekolah terbaik untuk anak kita, dan tentu masih banyak pertimbangan-pertimbangan lain yang harus kita cerna, semoga tulisan ini membantu anda.

Rachelia | Solusi Wanita