24 March 2012

Wisata Gunung Bromo, Menikmati Kawah Dan Sunrise


Menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga merupakan saat yang paling di tunggu. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah tempat wisata yang berkualitas sehingga liburan Anda semakin bermakna.

Saat ini siapa yang tak kenal nama Gunung Bromo. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang masih aktif di wilayah Jawa Timur.

Jika membicarakan letak Gunung Bromo ini akan sangat membingungkan. Gunung indah ini terletak diantara Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Malang. Namun secara sah kawasan ini masih termasuk wilayah Probolinggo.

Hal pertama yang akan Anda rasakan setibanya di Gunung Bromo ialah dingin. Memang Gunung yang terletak 2.392 meter di atas permukaan laut ini terkenal memiliki hawa yang sangat dingin mencapai 10 sampai 0 derajat celcius.

Jika Anda dan keluarga berencana untuk berlibur di pegunungan ini, jangan lupa untuk membawa sarung tangan, syal, topi gunung, kaos kaki dan jaket yang tebal. Namun bila Anda berencana tidak membawanya, disini terdapat banyak pedagang yang menjal perlengkapan anti dingun tersebut.
Gunung Bromo memiliki beberapa keistimewaan yang tak boleh Anda lewatkan bersama keluarga yaitu melihat matahari terbit dan mengunjungi kawah pasirnya.


Untuk melihat matahari terbit atau sunrise, Anda dan keluarga harus rela berangkat dini hari dan tentunya dengan udara yang super dingin. Untuk melihat matahari terbit Anda harus melalui Gunung Pananjakan. Gunung Pananjakan merupakan gunung tertinggi di wilayah ini. Untuk melewati gunung ini, Anda harus gurun, jalan kecil dan tikungan yang tajam.

Jika anda berlibur bersama keluarga Anda disarankan untuk naik mobil hardtop sewaan yang biasa dikemudikan oleh masyarakat agar lebih aman. Masyarakat di kawasan Gunung Bromo merupakan masyarakat yang sangat ramah, mereka berasal dari Suku Tengger.

Setelah naik kendaraan Anda harus berjalan kaki untuk menuju puncak gunung. Kurang lebih ada 250 buah anak tangga yang harus Anda lalui. Jika Anda dan keluarga tak sanggup untuk menaikinya maka tak usah khawatir, karena ada penyewaan kuda untuk menuju ke atas.

Sekitar pukul 4 pagi diperkirakan Anda sudah sudah berada di atas Gunung Bromo dan mengunggu sang mentari terbit. Sembari menunggu matahari terbit, disana banyak dijajakan berbagai makanan dan minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Keindahan menyaksikan matahari terbit di Gunung Bromo ini rupanya taak hanya disukai oleh wisatawan domenstik, namun banyak juga wisatawan dari manca Negara yang rela menunggu lama hanya untuk menyaksikan matahari terbit.

Saatnya jam menunjuk pukul 5, bersiaplah Anda bersama keluarga untuk berdiri menyaksikan matahari yang perlahan keluar dari peraduannya. Mulai dari sekecil korek api, hingga semakin lama ia akan semakin membesar. Jika hari sedang cerah, matahari terbit ini akan terlihat sangat indah, namun jika hari sedang berawan maka matahari akan tak begitu jelas nampaknya.

Dengan menyaksikan keindahan alam ini Anda dapat menyelipkan sedikit petuah untuk keluarga Anda bahwa memang Tuhan telah menciptakan segala sesuatu dengan indah dan bersyukur atas karunia-Nya.

Setelah puas menikmati indahnya Gunung Bromo , masih ada lagi keindahan wisata yang harus Anda  nikmati bersama keluarga. Kawah dan lautan pasir Gunung Bromo merupakan tujuan wisata yang patut Anda kunjungi. Namun sebelum berkunjung kesana Anda harus bersiap kacamata dan penutup hidung agar debu tak mengganggu Anda.

Letak kawah dan lautan pasir tersebut dapat Anda nikmati pada saat Anda menuruni Gunung Pananjakan yang tadi sebagai tempat melihat matahari terbit. Lautan pasir tersebut banyak ditumbuhi tumbuhan kering dan gersang dengan keindahan yang sangat luar biasa.

Berlibur di Gunung Bromo merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain keindahan alamnya Anda juga dapat menyisipkan banyak pesan moral bagi keluarga Anda.

Rachelia | Solusi Wanita