21 March 2012

Keindahan Pantai Balekambang


Jika Anda berencana menghabiskan waktu weekend bersama keluarga dengan berlibur di pantai, maka tak ada salahnya mencoba wisata keluarga yang satu ini yaitu Pantai Balekambang.

Pantai Balekambang merupakan lokasi wisata yang tak diragukan lagi keindahannya, maka dari itu sangat disarankan untuk Anda berlibur bersama keluarga di pantai ini. Udara yang sejuk dan pasir putihnya yang lembut menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai balekambang ini berlokasi di sebelah selatan kota malang, tepatnya di 65 km kecamatan Bantur. Untuk mencapai Pantai Balekambang ada dua kecamatan yang dapat dilalui, yaitu kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur lalu menuju ke desa Srigonco. Meskipun jalan yang akan Anda lewati cukup berkelok-kelok namun pada saat sampai di tempat Anda tak akan merasa kecewa.

Pantai Balekambang ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik domenstik (dalam negeri) maupun mancanegara (luar negeri). Kebanyakan pengunjung mendatangi Pantai balekambang pada saat musim liburan, weekend, dan upacara yang digelar khusus untuk Pantai Balekambang. Upacara khusus ini digelar pada saat bulan Suro yaitu upacara Jalanidhi Puja dan upacara Suroan.


Selain pantainya yang menawan, disini juga disediakan beberapa fasilitas yang dapat dikatakan memadai. Fasilitas yang dapat ditemui misalnya kios cinderamata, tempat camping ground, rumah makan, MCK, kantor informasi, parkir luas, kolam renang, mushola, bumi perkemahan dan pendopo.

Pantainya yang memancarkan cahaya kebiruan ini memang memiliki keindahan luar biasa. Pantai ini dapat dikatakan dipenuhi oleh banyak sekali trumbu laut yang landai dan indah. Pada saat air mulai surut, maka trumbu-trumbu laut ini akan terlihat jelas dengan beberapa ikan yang indah sembunyi di sela-selanya.

Tak hanya itu, pantai Balekambang ini dikelilingi oleh tiga buah pulau kecil. Pulau kecil ini ialah pulau Ismoyo, pulau Anoman dan pulau Wisanggeni. Pulau tersebut berjajar mengelilingi pantai sehingga menimbulkan kesan indah. 

Uniknya pada pulau Ismoyo terdapat sebuah pura yang dibangun dengan megah. Jika Anda ingin mengunjungi pura tersebut, tak perlu khawatir karena antara pura dan letak pentai dihubungkan dengan jalan setapak atau jembatan kecil yang panjangnya kurang lebih 1,5 meter.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu di Pantai Balekambang ini diharapkan untuk tidak meninggalkan anak Anda bermain di bibir pantai karena akan sangat berbahaya. Selain itu jangan lupa untuk membawa sun block, kacamata ataupun topi karena daerah pantai merupakan daerah yang panas.

Rachelia | Solusi Wanita