20 March 2012

Cara Mengatasi Bahaya Serangga Tomcat


Saat ini banyak terdengar kabar mengenai meluasnya wabah serangga tomcat. Tomcat merupakan serangga yang cukup beracun. Selama ini tempat hidup tomcat biasa di pepohonan, tempat lembab, rawa dan semak belukar.

Yang patut diwaspadai dari serangga tomcat ini bukanlah serangganya namun bisa yang dikeluarkannya. Serangga tomcat ini akan mengeluarkan cairan beracun yang cukup menyakitkan. Meskipun bisa tersebut tidak mematikan namun dapat membuat kulit Anda menjadi iritasi.

Ciri-ciri kulit yang terkena serangga tomcat :
  1. Timbul warna merah pada kulit
  2. Kulit terasa gatal dan panas
  3. Kulit akan melepuh kareana iritasi
  4. Jika sudah parah maka akan timbul nanah pada luka
Pastinya Anda akan khawatir serangga tomcat ini akan menyerang keluarga. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi serangga tomcat ini, yaitu :

  1. Jangan Panik
  2. Jika serangga tomcat ini hinggap pada kulit Anda maka jangan sekali-kali menyentuhnya atau mematikannya dengan tangan. Singkirkan virus tomcat ini dengan kertas atau sejanisnya. Karena jika Anda menyentuhya maka sama saja Anda mengundang bisa tomcat tersebut
  3. Bilas Dengan Air dan Sabun
  4. Jika Anda merasa kulit gatal, panas dan menghitam seperti terserang virus tomcat maka segera bilas dengan air mengalir dan gosoklah dengan sabun. Setelah itu kompres luka dengan antiseptic.
  5. Pasang Kasa Nyamuk
  6. Pemasangan kasa nyamuk ini sangatlah penting, pastikan tak ada celah untuk seranggan tomcat ini masuk dan menggangu keluarga Anda. Namun jangan sampai rumah Anda menjadi kekurangan sirkulasi udara.
  7. Jagalah Kebersihan
  8. Menjaga kebersihan linkungan rumah Anda menjadi hal yang wajib dilakukan, sebab jika lingkungan Anda bersih maka serangga tomcat tidak akan menyerang keluarga tercinta Anda.
  9. Jangan Gunakan Bedak
  10. Penggunaan bedak anti gatal tidak dianjurkan untuk menangani luka akibat tomcat ini. Penggunaan bedak akan mengakibatkan menyebarnya virus ini pada bagian tubuh Anda yang lain.
Berikut ini telah dijabarkan beberapa tips cara mengatasi serangan bahaya serangga tomcat. Namun yang pasti jagalah lingkungan Anda sebersih dan senyaman mungkin agar keluarga tentram dan nyaman.

Rachelia | Solusi Wanita