27 March 2012

Pentingnya Menjaga kesehatan Gigi


Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi...
Dari lirik lagu anak-anak diatas, sebenarnya anak-anak telah diajak untuk selalu menjada kesehatan gigi. Gigi memiliki peranan yang sangatlah penting  bagi kehidupan manusia. Gigi berfungsi untuk mempermudah mengolah atau mengunyah makanan, selain itu gigi juga termasuk memiliki pengaruh penting untuk keindahan seseorang.

Namun belum begitu banyak orang yang sadar akan pentingnya merawat gigi agar sehat, kuat dan indah. Ada cara sederhana untuk menjaga gigi Anda dan keluarga yaitu menyikat gigi secara teratur.
Hal yang terpenting ialah mengajari anak Anda untuk menyikat gigi dan menjaga kebersihannya. Kebiasaan menggosok gigi secara teratur akan membuatnya menjadi kebiasaan baik  disaat dewasa nanti.

Kebiasaan menyikat gigi sepertinya masih belum menjadi budaya yang mengasyikkan dan menyenangkan bagi masyarakat Indonesia. Padalah untuk menjaga kesehatan gigi dan kebersihannya sangatlah mudah.

  1. Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari ialah cara sederhana menjaga kesehatan gigi Anda dan keluarga. Gosoklah gigi pada pagi dan malam hari sebelum tidur.
  2. Hindari memakan makanan dengan suhu ekstrim. Misalkan memakan makanan panas dan meminum minuman dingin seperti es. Hal itu akan membuat gigi Anda menjadi tidak sehat dan berakibat tidak kokohnya gigi.
  3. Berhenti untuk merokok. Merokok seperti yang banyak Anda ketahui bahwa rokok merupakan dapat menyebabkan perubahan warna gigi dan mulut menjadi tidak sedap. Maka dari itu sebisa mungkin hindari untuk mengkonsumsi rokok
  4. Pakailah obat kumur untuk lebih menjaga kesegaran dan kesehatan gigi Anda. Obat kumur merupakan salah satu cara yang dapat Anda pakai untuk menghilangkan plak, bakteri dan bau mulut setelah menyikat gigi.
  5. Periksalah ke dokter gigi secara rutin. Hal ini jangan Anda lupakan sebagai aktifitas rutin Anda dan keluarga sebab dengan menjaga kesehatan gigi sejak dini akan menjadi aktifitas yang baik.
Dengan beberapa tips dan cara diatas semoga bermanfaat bagi Anda dan keluarga untuk selalu menjaga kesehatan gigi.

Rachelia | Solusi Wanita